Membuat soal ujian otomatis menggunakan Power Point

Posted: 30 November 2013 in Artikel, Mircosoft, Tips & Trik, Tutorial / belajar

Apakah Anda Seorang pengajar yang setiap Ujian atau Quiz selalu menghabiskan kertas untuk Soal dan Jawaban?

Atau Anda yang dengan keterbatasan pengetahuan Teknologi ingin membuat Ujian lebih mudah dan menyenangkan?

Atau Anda yang saat Ujian berlangsung harus berteriak untuk mengumumkan Soal agar waktu lebih singkat?

sekarang anda tidak perlu semua itu, karena teknolgi bisa kita manfaatkan untuk hal lainya.. cukup dengan Program Presentasi dari Microsoft yang sangat populer di Indonesia yaitu Power Point.

karena rekwesan banyaknya menggunakan power point, jadi saya akan sajikan bagaimana menggunakan powerpoint yang biasanya untuk presentasi, sekarang untuk ujian… yup.. kita langsung saja bahan bahan yang harus di sediakan.

  • Laptop / PC yang berisi aplikasi Power Point pastinya
  • Projector atau yang lebih suka orang orang di sebut Infokus (maaf bukan maksud bawa bawa merek…)
  • Soal dan perangkat2 lainnya yang akan di sajikan
  • sesajen berupa camilan, kue dan teh hangat….
  • Hati suci nan bersih serta kesabaran dan keteguhan dalam belajar dan mengerjakan
  • Insting teknologi…… ahay…..

ok kita langsung saja.. buka aplikasi power pointnya, disini saya menggunakan Power Point 2013, tapi pakai yang dibawahnya pun juga sama kok bisa… mungkin bedanya hanya letak menudan fiturnya ajah….

nah skenario yang akan di berikan adalah membuat soal dengan indikator waktu yang bisa dilihat oleh peserta ujian, jika waktu yang diberikan habis, maka soal otomatis berpindah ke nomor selanjutnya sampai akhir soal.

1. Kita buat Counter Down alias indikator waktu yang tersisa dan semakin lama semakin hilang, mirip loading lah.. kali ini loading2 waktu tadi kita buat menggunakan kotak2 yang di jejerkan dengan rapih, dan semakin lama kotak tersebut semakin habis dan hilang seiring waktu berjalan.

1

2. Buat lah Kotak kira kira seperti ini
2

3. setelah itu, duplikasi kotak tersebut dengan menekan Ctrl + D lalu tempelkan dengan rapih di sisi kiri kotak pertama
3

4. setelah lurus kotak pertama dan kedua, tinggal tekan Ctrl + D untuk memperbanyak kotak. disini saya buat kotak sekitar 30 buah dengan asumsi bahwa 1 soal diberikan waktu 1 menit dengan durasi hilangnya kotak sekitar 2 detik

4

5. agar terkesan indikator waktu itu habis seiring waktu berlalu, kita sisipkan animasi exit dengan jenis fade, Anda dapat mengganti jenisnya dengan efek2 lainnya…..

5

6. Setelah itu klik Tab Animation, Pilih Animation Pane, dan blok semua kotak / rectangle dari atas sampai bawah

6

7. klik rectangle yang paling atas atau urutan pertama, lalu pada Menu Timing Pilih Start : With Previous agar saat soal ditayangkan, maka animasi pada kotak langsung bekerja

7

8. lalu blok kotak ke 2 sampai terakhir, dan ganti Timing pada Start > After Previous , agar setelah kotak pertama bekerja akan di ikuti kotak ke 2 dan seterusnya.

8

9. sekarang, blok semua kotak pada Animaton Pane, klik kanan pada salah satu kotak, dan berikan delay 2 secon, karena kita mempunyai 30 kotak, jadi untuk menghabiskan kotak tersebut akan membutuhkan waktu 1 menit dengan durasi hilangnya tiap kotak sekitar 2 detik.

9

10. Setelah itu, berikan Label di sisi barisan kota yang telah dibuat tadi, kira kira tulisannya Sisa Waktu Anda :

10

11. agar setelah kotak2 yang dibuat tadi habis terus otomatis pindah ke soal berikutnya. maka kita berikan pengaturan slidenya dengan mengklik Tab Transitions, tentukan model animasinya, disini saya menggunakan check, lalu pada menu Advance Slide, centang After dengan waktu 00:00:00

11

12.  nah setelah itu, anda tinggal menduplikasi slide tersebut sesuai dengan banyaknya soal yang diberikan dan menuliskan soal soal pada slide slide yang ada counter down nya…

12

selanjutnya anda bisa berkreasi dengan menambahkan slide pembuka dan petunjuk ujian. juga bisa ditambahkahkan background menarik lainnya. ok demikian trik nya, selamat berkarya dan berkreasi…..

contoh file nya anda bisa download di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s